Minggu, 04 September 2011

Shalat

Sebelumnya,saya sudah posting tentang Rukun Islam,yang mana Shalat adalah Rukun islam yang ke-2.Sekarang saya akan menjelaskan lebih detail tentang Shalat.
Shalat adalah tiang agama.Yang mana setiap umat Islam WAJIB untuk melaksanakanya.Baik ia manusia berada,ataupun manusia tak berada.Kita mendirikan Shalat dalam 5 waktu.Yaitu,Subuh,Dzuhur,Ashar,Maghrib,dan Isya.Dan bilangan Rakaat Shalat setiap harinya adalah 17 Rakaat.Subuh 2 rakaat,Dzuhur 4 rakaat,Ashar 4 rakaat,Maghrib 3 rakaat dan Isya 4 rakaat.Adapun Rukun-rukun Shalat menurut salah satu pemahaman/pendapat,
  1. Niat
  2. Berdiri(bagi yang mampu)
  3. Takbiratul ihram
  4. Membaca surat Al Fatihah pada tiap rakaat
  5. Ruku' dengan tuma'ninah
  6. Iktidal dengan tuma'ninah
  7. Sujud dua kali dengan tuma'ninah
  8. Duduk antara dua sujud dengan tuma'ninah
  9. Duduk tasyahud akhir
  10. Membaca tasyahud akhir
  11. Membaca salawat nabi pada tasyahud akhir
  12. Membaca salam yang pertama
  13. Tertib (melakukan rukun secara berurutan)
Ini adalah Rukun Shalat menurut salah satu pendapat.Sebenarnya Rukun Shalat menurut pendapat-pendapat para Ulama dan Ahli Fiqih berbeda-beda.Ada yang berpendapat bahwa Rukun Shalat terdiri dari 13 Rukun,ada juga yang berpendapat bahwa Rukun Shalat terdiri dari 17 Rukun,Dsb.Tapi,kita ambi yang 13 saja.
Nah,mungkin anda bertanya,bagaimana kalau saya sedang sakit?,apakah Shalat masih diwajibkan?.Tentu Saja!,karena saya sudah bilang bahwa Shalat itu WAJIB,mampu atau tidaknya orang itu,tetap harus melaksanakan Shalat.Tapi,Islam memberikan keringanan pada orang yang sakit.Orang itu boleh Shalat dengan Posisi duduk.Jika tidak mampu duduk Ia bisa sambil berbaring.Jika tidak mampu juga,dengan kedipan mata,dan apabila tidak mampu juga,saya tegaskan berarti orang itu sudah MENINGGAL!.Dan bagaimana jika kita sedang Pingsan,Koma,atau tidak sadar?.Islam menolelir saat itu.Tapi,setelah ia sehat,ia harus Meng-khada shalatnya.

Sekian Postingan saya kali ini.Jika ada yang perlu ditanyakan,silahkan bertanya di kotak komentar yang telah disediakan.Wassalam.

1 komentar:

  1. Shalat merupakan kewajiban setiap muslim yang beriman, komentar juga ya di blog saya myfamilylifestyle.blogspot.com

    BalasHapus