Sabtu, 03 September 2011

Rukun Islam

Rukun islam terbagi menjadi lima bagian.Dimana yang kelima itu adalah yang wajib dilaksanakan.Apa saja Rukun islam itu?

1.Syahadat
2.Shalat
3.Zakat
4.Puasa
5.Naik Haji

1.Syahadat
Apa syahadat itu?.Syahadat adalah 2 kalimat yang menyatakan bahwa Allah/tuhan2 itu satu,dan Muhammad adalah utusan Allah.Syahadat juga sebagai landasan seluruh ajaran islam.
  2 kalimat Syahadat itu adalah,
Syahadat1.gif
Asyhadu Alla ilahaa illallaah
Artinya:Saya bersaksi,bahwa tiada tuhan selain Allah


Syahadat2.gif
 Wa asyhadu anna muhammadar rasulullah
Artinya:Dan Saya bersaksi,bahwa Muhammad utusan Allah.

2.Shalat
Shalat adalah bentuk Ibadah Wajib dalam agama islam.Shalat juga dibedakan menjadi 2 kategori.Yaitu,Jama'ah dan Munfarid.Berjama'ah artinya Shalat yang dikerjakan secara bersama-sama.Tetapi,harus ada Imam dan Makmum.Imam artinya orang yang memimpin Shalat Berjama'ah,sedangkan Makmum artinya Orang-orang yang shalatnya mengikuti Imam.
Sedangkan Munfarid adalah Shalat Sendiri.

Catatan: Orang yang melaksanakan Shalat secara Berjama'ah pahalanya lebih banyak dari pada orang yang Shalat secara Munfarid.


3.Zakat
Zakat artinya sebagian dari harta yang wajib untuk dikeluarkan orang islam yang berada,untuk di berikan kepada orang yang kurang mampu.
Zakat dibedakan menjadi 2 jenis,yaitu Zakat Fitrah dan zakat Maal.Zakat Fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan umat muslim menjelang Idul Fitri.Besar Zakatnya setara dengan 2,5 kg beras/makanan pokok di daerah tertentu.Sedangkan Zakat Maal adalah  jumlah sebagian harta yang disisihkan dari penghasilan seperti pertanian,peternakan,perniagaan,barang temuan,hasil laut dan pertambangan.Masing-masing jenis Zakat juga memiliki perhitungan tersendiri.

4.Puasa
Puasa atau Shaum secara bahasa artinya Menahan.Sedangkan secara Syariat Islam artinya menahan diri dari makan dan minum serta segala perbuatan yang bisa membatalkan puasa, mulai dari terbit fajar hinggalah terbenam matahari.
Adapun perintah puasa dalam Al-Qur'an dalam Surah Al-Baqarah ayat 183
يَا أَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ
Artinya:
"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas umat-umat sebelum kamu, agar kamu bertakwa."
Puasa juga diwajibkan untuk semua umat Islam.Selain itu ada juga 2 Shalat Sunat malam di bulan Puasa/Ramadhan.Yaitu Shalat Tarawih dan Witir.
Adapun hal-hal yang membathalkan puasa,

  1. Masuknya benda (seperti nasi, air, asap rokok dan sebagainya) ke dalam rongga badan dengan disengaja.
  2. Muntah dengan disengaja.
  3. Bersetubuh.
  4. Keluar mani (Istimna' ) dengan disengaja.
  5. Haid (datang bulan) dan Nifas (melahirkan anak)
  6. Hilang akal (gila atau pingsan).
  7. Murtad (keluar dari agama Islam).
5.Naik Haji
Haji adalah salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakn.Tetapi,orang yang wajib melaksanakanya hanya orang yang mampu,baik secara materi,Fisik,dan Ilmu.
Adapun kegiatan ibadah Haji adalah,
  • Sebelum 8 Zulhijah, umat Islam dari seluruh dunia mulai berbondong untuk melaksanakan Tawaf Haji di Masjid Al Haram, Makkah.
  • 8 Zulhijah, jamaah haji bermalam di Mina. Pada pagi 8 Zulhijah, semua umat Islam memakai pakaian Ihram (dua lembar kain tanpa jahitan sebagai pakaian haji), kemudian berniat haji, dan membaca bacaan Talbiyah. Jamaah kemudian berangkat menuju Mina, sehingga malam harinya semua jamaah haji harus bermalam di Mina.
  • 9 Zulhijah, pagi harinya semua jamaah haji pergi ke Arafah. Kemudian jamaah melaksanakan ibadah Wukuf, yaitu berdiam diri dan berdoa di padang luas ini hingga Maghrib datang. Ketika malam datang, jamaah segera menuju dan bermalam Muzdalifah.
  • 10 Zulhijah, setelah pagi di Muzdalifah, jamaah segera menuju Mina untuk melaksanakan ibadah Jumrah Aqabah, yaitu melempar batu sebanyak tujuh kali ke tugu pertama sebagai simbolisasi mengusir setan. Setelah mencukur rambut atau sebagian rambut, jamaah bisa Tawaf Haji (menyelesaikan Haji), atau bermalam di Mina dan melaksanakan jumrah sambungan (Ula dan Wustha).
  • 11 Zulhijah, melempar jumrah sambungan (Ula) di tugu pertama, tugu kedua, dan tugu ketiga.
  • 12 Zulhijah, melempar jumrah sambungan (Ula) di tugu pertama, tugu kedua, dan tugu ketiga.
  • Sebelum pulang ke negara masing-masing, jamaah melaksanakan Thawaf Wada' (thawaf perpisahan).
Nah,itulah ke-5 rukun Islam.Jelas,untuk orang yang beragama Islam Wajib untuk melaksanakanya. Apalagi jika Ia mampu secara Fisik,Material maupun Ilmu.Jika anda adalah seorang Mualaf yang tidak memiliki bekal ilmu.Tenang saja,Saya akan membantu anda.
~~ Semoga Bermanfaat ~~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar